Hal-hal Yang Sering Bikin Mahasiswa Sulit Lulus


Lulus kuliah tepat waktu adalah mimpi semua mahasiswa yang sulit dilaksanakan. Semua orang menginginkannya, tapi hanya orang-orang tertentu yang akan mendapatkannya. Alasannya?

Banyak sekali. Beberapa hal ini lah yang paling sering kita denger kenapa mahasiswa sulit lulus:


1. Dosen

Berbeda dengan sekolah, sosok pengajar di perkuliahan bukanlah pembimbing yang baik. Dosen mengajarkan mahasiswa untuk bisa mandiri, seringkali caranya bukan ngebantu malah ngeselin. Banyak mahasiswa yang seringkali susah lulus bukan karena males, tapi karena dipersulit dosen, seperti susah diajak ketemu untuk bimbingan atau nilainya dijelekin hanya karena gak suka. Gimana akhirnya gak males-malesan, wong mau beresin kuliah aja banyak halangannya.

2. Sambil Kerja

Gak semua orang hidup di dunia ini dengan kemewahan untuk bisa mengambil pendidikan tertinggi. Maka, satu-satunya cara adalah dengan kuliah sambil kerja. Tentu, pikiran akan terbelah. Kerja penting, tapi kuliah juga penting. Mendingan dihindari deh kerja sambil kuliah. Pilih salah satu.

3. Sudah Menikah

Kalo kamu kuliah di kampus swasta, kemungkinan besar kamu akan menemui orang-orang yang tak terduga. Kita malah pernah ketika kuliah satu kelas dengan seorang bapak yang udah punya cucu. Karena kuliah gak mengenal umur, jelas orang yang udah tua dan udah nikah gak bisa seefektif anak muda yang berkuliah. Banyak yang udah harus dipikirin dan diurusin. Seperti bayar kredit mobil, benerin rumah dan lainnya. Kuliah pun bisa terbengkalai jika gak difokusin.

4. Salah Pilih Jurusan

Buat kamu yang belum berkuliah, kita mewanti-wanti satu hal: pilihlah jurusan sehati-hati mungkin, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari. Memilih jurusan sama dengan memilih istri, sekali kamu pilih gak ada jalan untuk ngulang lagi. Banyak yang salah pilih jurusan akhirnya kuliah dengan gak niat. Kadang bukan karena males, tapi emang karena gak ngerti apa yang dikuliahin. Jangan sampe kamu jadi orang yang kayak gini ya.

5. Laptop Rusak

Jaman dulu, masalah ini gak pernah ada. Tapi, sekarang dengan kebutuhan yang semakin meningkat, kalo gadget kenapa-napa rasanya tuh kayak denger orang ngejoke "Sakitnya Tuh Di Sini", bikin sakit.

Bagi beberapa orang yang mengambil kuliah tertentu, laptop rusak atau hard disk rusak adalah malapetaka dunia. Lebih ngenes lagi, jika terjadi di saat lagi ngerjain skripsi. Lulus cepet pun hanya impian.

6. Gak Bisa Bayar Kuliah

Nah, yang ini agak menyedihkan. Biaya kuliah terus meningkat, sedangkan pemasukan belum ada. Gimana mau lulus kuliah? Dateng ke kampus aja segan.

Beberapa poin di atas adalah poin yang berhasil kita kumpulkan dari observasi sekitar. Kalo kamu, kenapa belum juga lulus kuliah?
Lebih baru Lebih lama