Perubahan yang Terjadi Ketika Kamu Baru Jadi Mahasiswa


Banyak perubahan yang terjadi sewaktu kamu beranjak dari seragam putih-abu ke bangku kuliah. Katanya kan mahasiswa adalah orang yang dewasa. Nah, di kampuslah waktunya kamu nunjukin kedewasaaan kamu. Malu dong kalo tingkahnya kayak anak kecil terus. Setelah melewati penelitian berbulan-bulan, berikut perubahan yang diamati kita soal mahasiswa baru:

1. Tongkrongan Baru


Siap-siap ketemu temen baru. Kecuali kamu anaknya introvert abis dan gak mau bergaul dengan makhluk-makhluk di seputaran kampus. Walaupun begitu, jangan lupakan temen lama ya. Sombong bukanlah sesuatu yang diharapkan dari orang yang beranjak dewasa.

2. Gaya Baru


Dulu pake jeans belel doang udah cukup. Pas ngampus, ganti celana yang bagusan dikit. Robek-robek boleh aja, tapi ada baiknya gak nyampe ke selangkangan. Dulunya pake kaos lusuh. Ketika masuk kuliah ganti jadi kemeja. Rambut jangan lupa digondrongin

3. Beberapa Tempat yang Tadinya Gak Diperhatikan Jadi Penting


Perpustakaan dan laboratorium adalah dua tempat di sekolah yang selalu ada, tapi sepertinya asing buat kamu. Gak ada ketertarikan main ke sana deh. Kalo udah kuliah, kamu gak bisa menghindar dari tempat-tempat itu. Bisa-bisa gak lulus sebuah mata kuliah. Tempat magang juga sesuatu yang harus disoroti.

4. Jadi Tau Tempat Print dan Fotokopi Murah


Perbedaan Rp 500 atau bahkan Rp 100 bisa menentukan pilihan kamu terhadap tempat print dan fotokopi. Soalnya kan yang di-print banyak, sedangkan duit pas-pasan. Maklumin aja, namanya juga mahasiswa.


5. Jadi "Berilmu"


Ngomongnya gak se-ngasal pas masih SMA. Pola pikir udah berubah. Bahasa yang dipake banyak kosakata textbook gitu. Harus dong. Masa udah berkuliah tapi ngomongnya masih belepotan. Apa jadinya nanti jika harus presentasi?

6. Kenal Makanan Warteg dan Warkop


Ada sih yang udah mengenal warteg dan warkop. Tapi entah kenapa yang dua ini identik banget sama mahasiswa. Bersyukurlah atas eksistensi keduanya. Jangan salah, warteg memajang ragam makanan yang mungkin kamu pun gak akan nemu di rumah. Berkat warteg, kamu bisa belajar makan sayur yang dapat memperlancar BAB. Berkat warkop kamu gak usah takut kelaperan lagi malem-malem. Kalo ada warkop yang tutup cepet, suruh aja tutup selamanya.


7. Banyak Pilihan Lawan Jenis


Kampus adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai daerah dan sekolah. Bagi cowok, hal tersebut bisa dipandang sebagai seleksi alam cewek-cewek tercantik dari banyak SMA. Bagi cewek pun sebaliknya. Makanya, kalo di kampus coba deh intip-intip dikit mana yang kira-kira bisa disekil. Melancong ke jurusan atau fakultas lain pun patut dicoba. Kita punya banyak temen kok yang baru ngerasain pacaran pertama kali ketika duduk di bangku kuliah.

8. Bisa Bahasa Daerah


Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Adaptasi adalah kunci. Jika kamu berkuliah di kota lain yang asing bagimu, jangan segan-segan untuk belajar. Salah satu yang paling vital adalah mempelajari bahasa daerah setempat. Kalo nanya temen asli situ sih biasanya yang diajarin yang jorok-jorok. Tapi gak apa-apa, pelan-pelan aja dan tetep cari tau.

Ada lagi gak perubahan yang kamu rasakan sewaktu menjejakkan kaki di kampus baru? Nyantai aja, tantangan kan ada untuk ditaklukkan. Biar kita sama-sama tau, coba berbagi referensi deh di kolom komentar di bawah.
Lebih baru Lebih lama