Alasan Kenapa Mahasiswa Tingkat Akhir Susah Lulus



Coba kamu liat ke sekitar kamu. Ada banyak mahasiswa akhir yang sebenernya kuliahnya cepet, tapi skripsinya mandek. Mungkin dia adalah kakak kelas kamu, bisa saudara kamu, bisa juga sepupu kamu, atau mungkin kamu. Para orang tua pun jadi gelisah dan kuatir kalo anaknya bakal mandek juga skripsinya. Tapi sebenernya ngapain sih kamu nunda-nunda? Emang kamu gak takut kalo aku diambil orang? Eh ini kita ngomongin apa sih?! Udah deh, dari pada kita berdua gak paham dan jadi liat-liatan langsung aja kita kasih tau!

1. Keasikan Kerja

Biasanya mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsi gini memang tinggal skripsi doang, jadi gak ada kelas lain gitu. Tinggal dateng buat bimbingan, seminggu atau dua minggu sekali doang, belom diitung bolos-bolosnya. Karena jadwal kuliah cuman buat bimbingan, gak jarang banyak yang nyambi buat kerja. Eh ternyata keasikan deh kerjanya, terus skripsinya jadi terlantar dan tertunda semester depan.

2. Salah Dosennya

Gak semua skripsi yang tertunda itu salah si mahasiswanya, bisa aja salah dosennya. Kali aja dia abis ngeliat kucing item pas jumat tanggal 13, terus dapet dosen pembimbing yang sibuk kayak artis, jadi susah nemuinnya. Setiap dateng buat bimbingan si dosen lagi pergi atau lagi ada tamu, dan jadinya gak bisa bimbingan. Lagi-lagi ketunda deh sampe semester depan.

3. Ngulang Mata Kuliah

Mungkin mahasiswa yang perfeksionis dan ingin mendapat nilai yang baik di ijazahnya nanti, jadi dia rela deh 1 semesternya dipake buat ngulang mata kuliah-mata kuliah yang nilainya kurang memuaskan. Jadi, yang seharusnya semester itu harusnya udah skripsi, jadi belajar lagi deh bareng adek-adek kelas. Ya semoga aja usahanya berujung baik, dapet gebetan lah minimal.

4. Ikut Organisasi

Dari sekian banyak mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang, pasti ada satu mahasiswa yang gila berorganisasi bahkan di waktu dia skripsi. Dia masih ikut kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Sebenernya berorganisasi itu bagus dan penting banget, mumpung kamu masih kuliah. Karena kamu bisa belajar banyak dari berorganisasi, tapi percayalah segala sesuatu yang berlebihan itu kan ga baik, berorganisasi berlebihan juga ga baik, apalagi sampe bikin skripsi kamu mandek.

5. Males

Mahasiswa kayak gini, memang males. Kalo umumnya orang dateng buat bimbingan seminggu atau dua minggu sekali, dia jarang dateng dan datengnya dua bulan terakhir sebelom sidang. Semacam niat kuliah ga niat skripsi gitu. Eh kuliahnya juga belom tentu niat sih. Dia gak niat bikin skripsi gini, mungkin karena keasikan baca koran makannya jadi males banget skripsi. 

Kalo skripsi kamu apa kabar? Udah lanjutin sekarang mumpung kita ingetin, tapi jangan lupa dishare dulu, siapa tau ada yang doain skripsinya lancar. Atau kalo mau minta doa, yuk sekalian aja minta di komen!
Lebih baru Lebih lama